Saturday 27 December 2014

AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG

Perusahaan dagang, seperti yang kita kenal mulai dari warung kecil hingga gerai besar seperti carefour atau giant, menghasilkan pendapatan dari menjual barang yang di beli dari pemasok, sehingga memperoleh margin brutto. Perbedaan utama perusahaan jasa dengan perusahaan dagang dan perusahaan manufaktur adalah perusahaan jasa tidak mengenal akun persediaan. Perbedaan utama perusahaan dagang dan perusahaan manufaktur terletak pada jenis persediaan seperti berikut :
o   Perusahaan dagang hanya mengenal satu jenis persediaan, yaitu ersediaan barang dagang.
o   Perusahaan manufaktur mengenal 3 jenis persediaan, yaitu :
-    Persediaan bahan baku
-    Persediaan barang setengah jadi
-    Persediaan barang jadi

v  Persediaan dan beban pokok penjualan
Penjualan yang dilakukan perusahaan dicatat dengan menggunakan 2 metode, metode ferfektual atau metode periodic.

v  Laporan laba rugi komprehensif
v  Laporan posisi keuangan
Akun dalam laporan posisi keuangan dari sebuah perusahaan dagang yang cukup menonjol adalah akun persediaan. Akun ini mencatat nilai barang-barang yang akan dijual sebagai bagian dari kegiatan utama perusahaan. Disamping itu, akun piutang usaha sering kali mendapat perhatian lebih karena menampung tagihan penjualan yang dilakukan secara kredit.

Alternative pencatatan persedian dan perhitungan beban pokok penjualan

            Selain menggunakan metode perfectual, pencatatan persedian dapat pula dilakukan dengan metode perriodeik, terutama jika pencatatan dilakukan secara manual. Pencatatan secara periodic berarti besarnya saldo persediaan dan beban pokok penjualan untuk seatu periode baru dapat ditentukan pada akhir periode. Entitas menentukan terlebih dahulu menentukan jumlah barang persediaan yang tersedia untuk dijual, yaitu persediaan awal ditambah dengan nilai persediaan. Dari situ entitas dapat menentukan berapa nilai persedian yang tejual, yaitu selisih antara persediaan yang tersedia untuk dijual dengan persediaan awal.

        Pencatatan dengan metode periodic tentu lebih ringkas dan sederhana. Namun demikian ada kelemahan yang mendasar terkait dengan aspek pengendalian internal perusahaan. Beberapa pokok penjualan adalah selisih yang fisiknya sudah tidak ditemukan di gudang, karena di asumsikan sudah terjual. Padahal ada kemungkinan barang yang sudah tidak tersimpan di gudang itumengalami pencurian atau kerusakan. Karena nilai barang yang tercuri atau rusak mencegah terulangnya peristiwa yang merugikan ini.

Alternatif pencatatan pembayaran di muka dan penggunaan jurnal pembalik

            Penggunaan murnal pembalik yang disebutkan sebelumnya opsional akan berubah menjadi wajib dalam kondisi tertentu, yaitu yang terkait dengan pencatatan pembayaran di muka. Apabila entitas melakukan pembayaran asuransi untuk 1 tahun kedepan hamper pasti akun yang digunakan untuk mencatat adalah akun beban asuransi di bayar di muka, yang kemudian disajikan sebagai bagian dari asset lancar. Namun demikian, ada beberapa entitas yang memiliki kebijakan akuntansi yang mencatat semua pengeluaran sebagai beban, terlepas apakah beban sudah boleh di akui atau harus dicatat sebagai di bayar dimuka.

            Pencatatan seperti ini boleh dilakukan dalam jurnal umum, namun tetap harus dilakukan penyesuaian yang tepat dalam jurnal penyesuaian, sehingga besarnya angka beban dan beban di bayar di muka sudah tepat.

No comments:

Post a Comment