Saturday 27 December 2014

Pengertian Form Visual Basic








            form adalah sebuah objek kontrol penampung dari objek kontrol lain, dapat menerima tugas dan memberikan reaksi terhadap tindakan dari pengguna untuk kelangsungan sebuah program aplikasi. Apakah program itu? Program adalah kumpulan dari perintah-perintah yang dijalankan bersamaan atau dalam satu kesatuan waktu untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

form adalah bahan untuk pembuatan window. Kita meletakan kontol pada form. Kontrol ini misalnya tombol,check boxradio buttonlabel,panel dan sebagainya. Pada Form VB tersedia tombol minimizemaximize/restoredan close, ketiganya terletak di pojok kanan atas
Pada saat perencangan kita hanya bisa mengaktifkan tombol minimize restore saja, namun ketika program sudah dijalankan dan form berubah menjadi window, maka ketiga tombol tersebut bisa dimanfaatkan sepenuhnya, yaitu:

  • Tombol Minimize untuk mengubah window menjadi icon
  • Tombol Maximize untuk memperbesar ukuran sehingga memenuhi layar monitor di mana pada saat itu tombol berubah menjadi restore yang berfungsi  mengembalikan ke ukuran sebelumnya
  • Tombol Close untuk menutup window. Jika aplikasi kita hanya mengandung berupa sebuah window, maka tombol close sekaligus berfungsi sebagai penutup program

Ukuran form bisa diubah dengan drag dan drop tiga titik disisi form sebelah kanan, bawah dan pojok kanan bawah. Jika kita drag ke arah luar akan memperbesar ukuran dan sebaliknya akan memperkecil. Titik kanan untuk mengubah ukuran dalam arah horizontal, titik bawah dalam arah vertikal dan titik pojok dalam arah keduanya sekaligus
Pada saat program dijalankan, titik drag menghilang, namun kita bisa mengubah ukurannya dengan melakukan drag sisi-sisinya kecuali sisi atas. Keempat pojoknya juga bisa digunakan sebagai pengubah ukuran dalam arah horizontal sekaligus vertikal.
Untuk mengaktifkan form ada beberapa cara, yaitu:
  • Klik tombol view object pada windows project.
  • Dari menu view klik perintah object.
  • Tekan tombol shift+F7 pada Keyboard.

Dalam Visual Basic, form ada beberapa jenis, contoh: Form Standard, Form Induk (MDIForm), Form Message (Message Box), Form Input (Input Box), Form Splash dan lain sebagainya. Tapi, dalam kategori desain, form dikelompokkan menjadi dua, yaitu:

1. Form Dinamis
Yaitu form yang dapat dengan mudah didesain seperti diubah bentuk dan ukurannya, disisipi objek kontrol atau ditugasi perintah-perintah yang diingini program.
2. Form Statis Yaitu form yang tidak dapat didesain dan hanya dapat dipanggil melalui rutin kode, contoh: MessageBox dan InputBox. Walaupun sebetulnya form ini dapat didesain, tapi pendesainannnya tetap saja harus melalui rutin kode.

§  Deklarasi fungsi, prosedur atau variabel pada level module form, hanya dapat dikenali oleh form itu sendiri.

2. Penggunaan kata kunci "Private ", artinya: fungsi, prosedur, atau variabel yg dideklarasikan hanya dapat digunakan pada level di mana ia di deklarasikan.

§  contoh:
Jika Anda menuliskan kode 
Code:
private function <> Lib "user32" ()

§          pada level module (misal di module1), maka fungsi tersbut tidak dapat dikenali/digunakan dimodule lain (misal module2 atau di form)
"Lib "user32"", artinya Anda mengambil referensi fungsi dari library file user32.dll.

Tanya :
3 apa fungsi tergantung namanya , atau properti yang disertakan ?
Seperti hwnd (handle window)

Jika fungsi tersebut adalah fungsi bawaan, seperti fungsi-fungsi API, atau fungsi bawaan dari VB seperti: Left, Right, Mid, Format, dsb, maka funngsi tersebut kegunaannya seperti nama deklarasinya.
Tapi jika fungsi tersebut adalah fungsi general alias fungsi buatan sendiri, maka nama dan kegunaannya diserahkan pada Anda sang pembuat fungsi.

No comments:

Post a Comment