Tuesday 30 December 2014

Evolusi komputer dan Perkembangan komputer




1.Komputer Generasi Pertama(1940-1959)
           Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik.Setelah hampir 12 abad muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi.
Pada tahun 1642,blaise pascal (1623-1662),yang pada waktu itu berumur 18 tahun,menemukan apa yang dia sebut sebagai kalkulator roda mumerik(numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan penghitungan pajak.
           Pada tahun 1946 Dr John Mauchly dan presper eckert berhasil menciptakan ENIAC dan EDVAC yang merupakan komputer generasi pertama dengan menggunakan tabung vakum yang dalam proses pengembanggannya sebagai cikal bakal komputer terciptanya UNIVAC 1

a.ENIAC
  Komputer generasi ini sudah mulai menyimpan data yang dikenal sebagai konsep penyimpanandata(stored program concept) yang dikemukakan oleh John Von Neuman.
b.EDVAC computer
   Penggunaan tabung vakum juga telah dikurangin di dalam perancangan komputer EDVAC di mana proses perhitungan menjadi lebih cepat dibandingkan ENIAC.
c.EDSAC computer
   Edsac memperkenalkan penggunaan raksa(merkuri) dalam tabung untuk menyimpan data.
    Pada tahun 1951 Dr Mauchly dan erkert menciptakan UNIVAC 1 komputer pertama yang digunakan untuk memproses data perdagangan.

2.Komputer Generasi kedua tahun 1959-1964
   Komputer generasi kedua ini menggunakan komponen komponen transistor untuk pusat prosesing unit dan inti magnetik untuk memori.Daya ketahan transistor lebih baik dari pada vaccum tube karena tidak mudah terbakar.
Beberapa contoh komputer generasi kedua dalah UNIVAC III,UNIVAC SS80,UNIVAC SS90,UNIVAC 1107, yang dibuat oleh Sperry Rand UNIVAC.Ciri-ciri computer generasi kedua adalah sebagai berikut:
a)Sirkuitnya terbuat dari transistor
b)Pemprograman dibuat dengan bahasa tingkat tinggi seperti FORTRAN,COBOL,dan ARGOL
c)Kapasitas memori sudah cukup dan prosesnya sudah lebih cepat
d)Ukuran fisik sudah lebih kecil dari pada komputer generasi pertama
e)Membutuhkan lebih sedikit daya listrik
f)Berorientasi pada bisnis dan teknik
3. Komputer Generasi ketiga tahun 1964-1990
    Pada generasi ketiga jenis komputer terkecil mikrokomputer telah muncul dan popular seperti untuk menggantikan transistor sebgai program logic komputer.vatoh cum bahasa pemrograman yang lain pun telah muncul seperti Basic,pascal dan PL/1.
Beberapa contoh komputer generasi ketiga dalah UNIVAC 1109 dan UNIVAC 9000.Ciri-ciri komputer generasi ketiga adalah sebagai berikut:
a)Menggunakan IC
b)Pemrosesan lebih cepat dan kapasitas memori lebih besar
c)Bentuk fisik lebih kecil dan harganya murah
d)Peningkatan Software
e)Penggunaan listrik lebih hemat

4.Komputer Generasi keempat tahun 1990 an
    Komputer generasi keempat dikarateristikkan dengan memori semikonduktor yang cepat,ukuran kecil,dan kebutuhan tenaga yang lebih kecil karena setelah IC.Tujuan pengembangan menjadi lebih jelas.menggecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik large scale integration(LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip.Ciri-ciri dari komputer generasi keempat adalah sebagai berikut:
a)Menggunakan LSI(large scale integration)
b)Dikembangkan komputer mikro yang menggunakan microprosessor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk sebuah memori komputer.

5.Komputer generasi kelima(masa depan)
    Generasi kelima dalam sejarah perkembangan komputer merupakan komputer impian masa depan di masa ini.Diharapkan komputer dapat melakukan lebih banyak unit pemprosesan yang berfungsi bersamaan untuk menyelesaikan lebih dari pada satu tugas satu waktu(multi funtion dan multi tasking) artifical untelligence/kecerdasan buatan yang sepenuhnya dikendalikkan oleh sebuah komputer menjadi prioritas pada generasi ini.

1 comment: